Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung


Gunung Sindara atau biasa disebut Sindoro atau juga Sundoro merupakan sebuah gunung vulkano aktif yang terletak di Jawa Tengah, tepatnya di antara Temanggung dan Wonosobo. Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.153 Mdpl dan mempunyai kawah disertai dengan jurang yang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung dan terbesar disebut Kembang.

Untuk mendaki gunung ini sebenarnya terdapat beberapa jalur yakni :
- Jalur Kledung (Temanggung)
- Jalur Sigedang/Sikatok (Wonosobo)
- Jalur Sibajak (Temanggung)
- Jalur Jlumprit (Dusun Katekan)

Diantara jalur di atas hanya 2 jalur populer yang sering dilewati pendaki yakni jalur Kledung dan jalur Sigedang (jalur tercepat).

Jalur Pendakian


Basecamp - Pos 1
Dari basecamp menuju ke pos 1 harus menempuh ladang-ladang tembakau penduduk, sekitar satu jam sebelum masuk hutan terdapat tukang ojek yang bisa mengantarkan dari basecamp sampai pintu masuk hutan (watu gede) dengan tarif Rp. 15.000, sebenarnya lumayan menghemat tenaga. Saya sarankan untuk naik ojek saja, karena jalur ladang ini lumayan mengesalkan walaupun jalannya lurus-lurus saja.

Pos 1 - Pos 2
Pos 1 berketinggian 1.900 mdpl. Dari pos ini dilanjutkan dengan melintasi jalan setapak sedikit menanjak. Jalan setapak jelas sekali sepanjang jalur pendakian dengan ditumbuhi oleh pohon-pohon penghijauan salah satunya pohon lamtoro. Waktu yang diperlukan dari pos 1 menuju pos 2 adalah sekitar 60-90 menit.

Pos 2 - Pos 3
Pos 2 ini berketinggian 2.120 mdpl. Pos ini hanya berupa tempat peristirahatan sementara dan tidak ada sumber airnya. Biasanya juga ada pendaki yang ngecamp di tempat ini. Dari Pos 2 menuju Pos 3 jalur pendakian mulai terbuka dan juga semakin menanjak jalannya. Jalan setapaknya mulai didominasi dengan batu. Dari sini kita dapat melihat view Gunung Sumbing dengan jelas yang berdiri kokoh di samping Gunung Sindoro. Waktu yang diperlukan dari Pos 2 menuju Pos 3 adalah sekitar 2-3 jam.

Pos 3 - Pos 4
Pos 3 juga sering digunakan untuk lokasi warung para penduduk pada musim-musim ramai pendakian. Trek pendakian dari Pos 3 ke Pos 4 cukup curam dan terkadang tanjakannya sedikit susah untuk dilalui. Selepas Pos 3 jalur pendakian mulai memasuki kawasan yang lumayan rimbun oleh pohon lamtoro tetapi tidak berlangsung lama kita akan kembali pada trek yang terbuka lagi. Disini banyak ditumbuhi alang-alang dan jalan setapaknya dipenuhi oleh bebatuan. Dari sini kita juga sudah bisa menikmati pemandangan yang begitu indah. Dari Pos 3 menuju Pos 4 butuh waktu sekitar 2 jam.

Pos 4 - Puncak Sindoro
Pos ini hanya berupa sebuah dataran dimana terdapat batu-batu di tumpuk. Di sekitarnya ada beberapa dataran lagi namun cukup berjauhan letaknya.  Di pos 4 kita disarankan untuk tidak mendirikan tenda disini karena angin akan mudah menerjang tenda selain itu juga rawan oleh petir. Dari pos ini perjalanan kembali dilanjutkan dan kita akan melewati hutan lamtoro. Setelah melewati hutan lamtoro kita akan sampai di Padang Edelweis. Disini banyak sekali bunga Edelweis yang tumbuh. Dari padang Edelweis ke kawasan puncak diperlukan waktu sekitar 1 jam lagi.


Di kawasan puncak Gunung Sindoro ada sebuah kawah. Apabila musim hujan pada dasar salah satu kawahnya terdapat genangan air hujan yang bisa dijadikan sumber air untuk memasak. Memang rasanya sedikit asam tapi lumayan untuk dipakai masak. Tapi kita tidak disarankan untuk turun ke kawah karena rawan sekali gas beracun.

Related Posts:

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung"

Posting Komentar