Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Cibodas



Gunung Gede-Pangrango adalah satu-satunya gunung yang menjadi favorit para pendaki di Indonesia. Untuk mengurangi kerusakan alam maka dibuatlah beberapa jalur pendakian, namun jalur yang populer adalah melalui pintu Cibodas.

Untuk mendaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango di berlakukan sistem booking, 3 sampai 30 hari sebelum pendakian harus booking dahulu. Jumlah pendaki di batasi hanya 600 per malam, 300 melalui jalur Cibodas, 200 jalur Gunung Putri, dan 100 jalur Selabintana.

Rute Pendakian Gunung Gede dan Gunung Pangrango ada 3 yakni :   

- Jalur Pendakian Cibodas.
- Jalur Pendakian Gunung Putri.
- Jalur Pendakian Salabintana.

Jalur pendakian gunung gede pangrango via Cibodas.

Tarentong - Telaga Biru (20-30 menit)
Awal pendakian dimulai dengan menyusuri jalan setapak berbatu, melintasi kawasan hutan tropis yang lebat. Kicauan burung dan suara monyet akan menyambut anda sejak dari pos penjagaan. Setelah berjalan sejauh 1,5 km melintasi kawasan hutan yang sangat asri, terdapat sebuah rawa yang disebut telaga biru dalam ketinggian 1.500 mdpl.

Telaga biru - Rawa Panyangcangan (20-30 menit)
Dengan melintasi jembatan kayu sepanjang jalur selanjutnya akan sampai pos Rawa Panyangcangan pada ketinggian 1.600 mdpl. Pos Rawa Panyangcangan ini juga menjadi percabangan untuk menuju Gede-Pangarango dan air terjun Cibereum.

Rawa Panyangcangan - Rawa Denok - Pondok Pemandangan (10-30 menit)
Lintasan kembali menanjak, jalan setapak berbatu mulai berganti dengan jalan tanah yang lebih alami. selanjutnya jalur mulai landai dan bonus-bonus turunan akan mempercepat kita sampai di Pos Pondok Pemandangan (2.150 mdpl).

Pondok Pemandangan - Air Panas (1-2 Jam)
Di pos Air Panas ini adalah sebuah jalan menembus aliran air panas dari puncak gunung gede. Trek yang akan kita lalui sangatlah ekstrim dan harus sangat berhati-hati karena sempit dan licin. Sebaiknya jalan satu persatu dan menunggu bila ada pendaki yang melintas dari arah berlawanan. Karena bila dua orang pendaki bertemu maka pendaki di sisi jurang akan sulit mendapatkan pegangan bila terpeleset dan kesenggol akan fatal akibatnya, meskipun ada rantai besi pengaman namun kondisinya kurang aman untuk dijadikan pegangan.

Air panas - Kandang Batu (60-90 menit)
Pos kandang batu adalah tempat yang cukup luas dan mampu menampung beberapa tenda, biasanya para pendaki ada yang berkemah disini karena di kandang badak biasanya sulit untuk mendapat tempat untuk mendirikan tenda.

Kandang Batu - Kandang Badak (1,5-2 jam)
Pos Kandang Batu kita akan melewati sungai yang kadang airnya deras sehingga hati-hati dengan sendal yang dipakai. Setelah itu jalur mulai landai dan sedikit menurun hingga Pos Kandang Badak (2.395 mdpl). Di pos kandang badak menjadi pos yang paling favorit bagi para pendaki untuk mendirikan tenda dan bermalam di sini. Di pos kandang badak ini sangatlah berlimpah sumber air. Di sini juga terdapat pertigaan menuju gunung gede dan gunung pangrango, untuk menuju puncak gede tinggal lurus sedangkan untuk menuju puncak pangrango kita tinggal belok ke kanan.

Kandang Badak - Puncak Gunung Gede (2-3 Jam)
Menuju Puncak Gunung Gede  kita akan bertemu dengan jalan yang bercabang, satu jalan memutar, satunya lagi jalan via tanjakan setan yang sangat ekstrim. Tempat ini sangat terjal dan dilengkapi dengan tali baja untuk berpegangan. Dari atas tanjakan ini pendaki bisa memandang panorama puncak gunung Pangrango yang sangat indah. 

Kandang Badak - Puncak Gunung Pangrango (2-3 Jam)
Jika ingin ke puncak pangrango berarti kita pilih jalur kanan menuju punak pangrango. Namun biasanya para pendaki lebih memilih ke puncak gunung gede karena selain kita bisa melihat alun-alun surya kencana dari krtinggian. Namun tidak ada salahnya bila kita memilih ke puncak pangrango karena pemandangan di puncak Pangrango jauh lebih indah di bandung puncak gede.


Info Gunung Gede Pangrango 
Telepon/Fax : +62-263-519415 (booking)
Email : booking@gedepangrango.org (booking)
Website : http://gedepangrango.org

Related Posts:

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Gede Pangrango Via Cibodas"

Posting Komentar