Jalur Pendakian Gunung Papandayan Via Cisurupan




Taman wisata alam Gunung Papandayan merupakan salah satu favorit dari tiga gunung yang berada di Kabupaten Garut Jawa Barat. Gunung papandayan berada di ketinggian 2.665 mdpl, gunung ini cocok didaki untuk pemula dan wisatawan bukan pendaki, karena jalurnya yang landai dan jarak tempuhnya tidak terlalu jauh dari tempat parkir. Taman nasional gunung Papandayan terkenal dengan spot-spot eksotis dan menawan seperti, kawah papandayan, hutan mati, pondok saladah, tegal alun, tegal panjang, dan lainnya.

Pertigaan Cisurupan - Parkiran/camp david.

Ada mobil bak terbuka dan ojek yang bisa mengantarkan anda menuju parkiran gunung papandayan. Harga sewa mobil bak terbuka 20 ribu/orang, sedangkan ojek 25 ribu/orang. Mobil bak terbuka berangkat jika penumpang sudah mencapai 10 orang. Kalau untuk harga borongan/carter mobil bak terbuka 200 ribu, jadi berapapun penumpangnya asal berani bayar 200 ribu mobil langsung berangkat. Harga sewa mobil bak terbuka dan jasa ojek segitu sepadan, mengingat kondisi jalan yang rusak berat dan menanjak. Butuh tenaga ekstra dari pengemudi dan tentu saja motornya buat nyampe parkiran. Jarak pertigaan Cisurupan-Parkiran 9 KM, hanya di awal saja jalannya bagus, dan sekitar 1-2 km, sisanya rusak berat. Sekitar 30 menit dan 35 menit waktu yang dibutuhkan ojek dan mobil bak terbuka buat mencapai parkiran papandayan. Tergantung skill dan tenaga kendaraannya. Setelah tiba diparkiran jangan lupa menuju pos pendaftaran.

Parkiran – Pondok Saladah.

Estimasi waktu dari Parkiran menuju Pondok Saladah sekitar 2 jam. Awal perjalanan akan disuguhi trek bebatuan dan asap putih yang keluar dari beberapa kawah belerang. Disarankan memakai masker karena bau belerang yang lumayan menyengat. Setelah trek bebatuan kapur, akan menuruni lembah lalu nanjak kembali sampai ke Pondok Saladah. Pondok Saladah tempatnya luas sehingga muat untuk menampung puluhan tenda. Di pondok Saladah juga tidak sulit air, karena ada pipa-pipa yang digunakan untuk mengalirkan air. Di sana juga ada tempat untuk buang air besar/kecil, tepatnya di pinggir sungai. Memang tempatnya tidak representatif, hanya ditutupi kain-kain karung beras, tapi lumayan daripada buang air di semak-semak.


  Kawah Papandayan


Pondok Saladah – Tegal Alun

Dari Pondok Saladah Menuju Tegal Alun akan melewati Hutan Mati, bekas letusan papandayan tahun 2002. Di sana terdapat banyak pohon yang sudah mati dan tinggal menyisakan batangnya saja yang berwarna hitam. Namun pemandangan hutan mati sangat indah, memberikan sensasi yang berbeda. Setelah Hutan Mati akan melewati jalur menanjak yang disebut Tanjakan Mamang. Tanjakan bertangga dengan kemiringan sekitar 60 derajat. Selepas itu, tibalah di Tegal Alun, tempat yang luas dengan ditumbuhi bunga Edelweiss yang menghampar luas. Waktu yang dibutuhkan sekitar 40 menit.


Hutan Mati Gunung Papandayan

Tegal Alun Gunung Papandayan

Sekian ulasan jalur pendakian gunung papandayan via pos cisurupan dari saya, semoga bermanfaat.

Related Posts:

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Papandayan Via Cisurupan"

Posting Komentar