Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng



Gunung Prau memilik 4 jalur pendakian yaitu Jalur via :
- Desa patak banteng.
- Dieng.
- Kali lembu, dan
- Dwarawati.

Kali ini saya akan memberikan informasi tentang jalur pendakian via Dieng.

Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng, rute jalur pendakian gunung prau ketiga setelah Kali Lembu, Base camp Dieng beralamatkan di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, merupakan jalur pendakian favorit karena dekat dengan obyek wisata dieng.



Jalur ini jalur yang sangat favorit bagi para pendaki, karena tracknya yang landai dan tidak begitu terjal dan banyak sekali pemandangan indah yang bisa kita jumpai disini. Tetapi jalur via dieng memerlukan waktu untuk menuju puncak cukup lama sekitar 3-4 jam dari jalur lainnya karna jalurnya yang landai dan tidak terlalu terjal. harga tiket masuk atau simaksi seharga Rp. 10.000 bisa di bayar di pos basecamp.

Pos Basecamp - Pos 1

Dari pos basecamp menuju pos 1 tidak begitu lama karena jalannya yang landai dan medan yang bebatuan, Bisa di tempuh sekitar 30-45 menit. Selama perjalanan dari post basecamp sampai pos 1 kita disuguhkan pemandangan kanan dan kiri ladang persawahan warga yang begitu indah.

Pos 1 - Pos 2

Pos 1 adalah perbatasan ladang penduduk dengan kawasan hutan gunung prau. Jalanan berupa tanah liat, di pos ini kita akan menemukan yang kalau lurus merupakan jalan penduduk untuk mencari hasil hutan. Jalannya terkesan landai kemudian menurun dan melintasi ladang carica, untuk menuju ke puncak kita harus berbelok ke kanan pada jalanan yang sedikin menanjak. Setelah itu perjalanan masih terus berlanjut melewati hutan pinus. Perjalanan pos 1 ke pos 2 memerlukan waktu sekitar 45-60 menit.

Pos 2 - Pos 3

Dalam perjalanan dari pos 2 ke pos 3 kita akan menemukan tugu batas wilayah antara Wonosobo dan Batang, disini kita mendapati sebuah pertigaan, yang mana kalau ke kiri menuju basecamp Dwarwati, Batang. sedangkan ke kanan adalah jalur menuju puncak, perjalanan berlanjut melintasi hutan-hutan pinus, berjalan ditengah hutan ini sangatlah menyenangkan, karena kita memijaki akar-akar pinus yang timbul dipermukaan. Perjalanan dari pos 2 ke pos 3 memerlukan waktu sekitar 60-90 menit, dikarenakan jalanan yang terus menanjak dan sangat terjal.

Pos 3 - Puncak

Perjalanan dari pos 3 sampai puncak sangatlah terjal dan berada di tengah- tengah hutan pinus. Dan untuk menuju puncak masih melewati tanjakan yang curam dengan kemiringan kurang lebih 50 derajat. Perjalanan dari pos 3 ke puncak memerlukan waktu 30-45 menit.

Puncak

Puncak berupa sepetak tanah lapang, waktu pendakian pertama saya ke gunung prau (2009) saya masih mendapati sebuah tugu bertuliskan "Puncak Gn. Prau 2.565 mdpl". Apabila ingin menuju bukit teletubies dan menjumpai sabana Prau yang ditumbuhi bunga-bunga Daisy kita masih harus melanjutkan perjalanan menuruni puncak Prau, lalu melintasi hamparan sabana menuju camping ground. Untuk dapat menikmati keindahan sabana bukit teletubies yang dipenuhi bunga Daisy yang bermekaran, saya sarankan mendaki pada musim-musim semi, antara bulan April-Juni.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu anda yang akan menuju kesana,


Related Posts:

0 Response to "Jalur Pendakian Gunung Prau Via Dieng"

Posting Komentar